14/10/09

Kemarau Panjang, warga Indrodelik Melakukan Bersih Telaga

. 14/10/09


Kemarau panjang tahun ini membuat warga desa Indrodelik kecamatan Bungah Gresik kesulitan air, untuk itu mereka membuat tradisi bersih telaga.

Diawali dengan menggelar pencak macan, ratusan warga dusun Gunungsari desa Indrodelik kecamatan Bungah Gresik melakukan tradisi bersih telaga, tradisi tahunan ini dimaksudkan untuk membersihkan telaga yang ada di desanya dari kotoran sa-at telaga dalam kondisi kering akibat kemarau panjang.

Setelah pencak macan digelar, ratusan warga melakukan do-a bersama ditengah telaga. acara ditutup dengan minum dawet bersama sebagai simbul permohonan kepada pencipta untuk segera menurunkan hujan.

Selaga yang ada di pinggir dusun ini setiap harinya digunakan oleh sekitar lima ratus warganya untuk keperluan sehari-hari mulai mandi, minum, memasak sampai kebutuhan air untuk ternaknya. sa-at telaga kering, warga terpaksa membeli air dari mobil tangki yang menjual air di desanya.

Muhtasan, tokoh masyarakat setempat saat dikonfirmasi di lokasi bersih telaga mengatakan, setiap keluarga di desa ini sekarang harus mengeluarkan anggaran ekstra untuk membeli air setiap hari minimal sepuluh ribu rupiah.

Sayangnya pihak pemkab Gresik belum merespon keresahan warga akibat kekeringan panjang ini, sehingga droping air bersih dari pemkab belum ada di desa Indrodelik.(sutikhon)

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
kabargresik is proudly powered by Blogger.com | Template by Cholis